raudhatulmaarif.com || Ketika mendengar penyebutan kata Syarh Shaghir tentu kitab fikih yang terlintas dahulu. Namun, di luar sana begitu banyak kitab diberi nama serupa. Salah satunya penjelasan dan komentar atas kitab Waraqat.
Kitab “lembaran” itu telah menampakkan faedah dan berkah yang jelas dan abadi—paling tidak hingga hari ini. Tanda keberkahannya dimulai dari banyak para pengkaji hingga melahirkan susunan berupa komentar tambahan, penjelasan lebih dalam. Kitab “lembaran” yang pada dasarnya disuguhkan untuk para pemula, pada gilirannya berhasil menarik perhatian para mutawasshit hingga muntahi.
Sudah jamak diketahui, dari kitab Waraqat begitu banyak lahir karya-karya hebat lain. Sebut saja syarah Waraqat, punya Imam Mahalli. Ada Ibnu Firkah. Ada Syarh Shagir dan Kabir empunya Imam Qasim al-‘Ubbady. Dua yang terakhir ini menjadi perhatian kita kali ini.
Syarh Kabir yang lebih dahulu disusun, menurut pengarang sendiri Ibnu Qasim al-Ubbady, harus diringkas dan dipangkas lagi agar lebih nyaman dan enak dikaji. Khusus bagi yang membaca kitab Syarh Shaghir, kita seperti membaca 4 kitab sekaligus. Ya, empat itu adalah Waraqat, Syarh Waraqat Imam Mahalli, Syarah Kabir dan Syarh Shagir punya ibnu Qasim al-‘ubbady.
Kitab ini memiliki khas yang unik dan pelik atau rumit-rumit enak. Macam kopi Ristretto lah. Pasalnya, Imam Qasim sempat-sempatnya meng-isykal yang nampaknya tak perlu. Pun, peng-isykal-an imam Qasim tidak main-main, meski pada beberapa tempat beliau menahan diri untuk mendalamkan pembahasan dengan berdalih kitab itu diperuntukkan untuk mubtadiin.
Lewat segi lain, imam Qasim kadang membawa ibarat yang cukup kontroversial. Dalam arti, jika hanya membaca pada kertas dan lewat begitu saja, kemungkinan besar akan memberi gambaran imam Qasim cukup bersebrangan dengan pendapat jumhur. Namun, tidak begitu jika dinalar dan dibandingkan ibarat dengan kitab lain. Justru tekhnik beliau lebih elegan.
Lebih dari itu, beliau, sama seperti kebanyakan pen-syarah yang kritis, tidak segan mengonter ibarat imam Mahalli atau imam Juwaini. Nilai plusnya, beliau memberi beberapa pilihan untuk mempertanggungjawabkan ibarat yang dibawa oleh imam Juwaini atau Mahalli.
Sekelabat lalu kitab ini cocok dibaca oleh yang telah mengkhatamkan Nafahat. Dan patut diisi dalam daftar bacaan anda.
Penasaran? Kuy dibaca.
Tabik,(ZAn)